Awesomenauts


Game kartun 2D yang terinspirasi DotA dan lekat dengan memori masa kecil Anda
Dua dari tiga tim tengah sibuk saling bunuh selagi satu tim sisanya mengendap-endap mendekati sasaran turret lawan. Jika Anda masih awam dengan game jenis RTS, kontrol sederhana dari Awesomenauts bisa jadi sarana belajar yang baik. Hancurkan pertahanan lawan seketika, lalu bereskan sisanya agar kemenangan menjadi milik Anda.

Pelajaran pertama buat Anda, tidak bijaksana jika Anda gegabah menyerang turret musuh tanpa bantuan kawan robot kecil Anda. Para droid ini mampu berjalan beriringan melintasi seluruh map selagi terus mempertahankan tingkat health mereka ketika kita semakin dekat dengan turret lawan. Berlindunglah dibalik para prajurit besi ini sehingga Anda dapat mencapai turret tanpa harus terluka. Tentu idealnya Anda wajib melindungi mereka juga dari ancaman lawan.

Menghancurkan turret, pemain dan droid lawan akan memberikan Anda energy. Uang yang Anda miliki dapat dipergunakan untuk membeli upgrade karakter Anda di sepanjang permainan. Semakin besar kekuatan Anda dibanding lawan, maka pastinya semakin mudah pula Anda memenangkan permainan ini. Terdapat delapan karakter berbeda yang dapat Anda mainkan, dan Ronimo berjanji akan lebih banyak lagi karakter yang bisa dimainkan. Pada dasarnya, di awal Anda hanya bisa melakukan upgrade standar, namun seiring level Anda yang terus meningkat, total 24 pilihan upgrade akan bisa Anda lakukan.
Anda hanya bisa memilik 12 jenis upgrade untuk bisa dibawa ke dalam permainan, dan tampaknya kesempatan untuk bisa memaksimalkan seluruhnya akan jarang didapat. Memilih jenis karakter yang tepat menjadi bagian penting dalam upaya memenangkan permainan. Tetapi jika membandingkan dengan game action RTS lainnya yang lebih rumit, karakter di Awesomenauts sebenarnya cukup sederhana saja. Clunk adalah sejenis tank dan Voltar mampu menyembuhkan, tetapi ternyata banyak terdapat karakter lain yang memiliki keahlian kedua-duanya.
Beragamnya skill yang ada meyakinkan kita jika tak ada satu jenis karakter yang paling hebat. Tak satupun yang sangat lemah sehingga butuh dikawal oleh kemampuan karakter lain, tapi tentu menggunakan beberapa karakter yang berbeda bersamaan akan membuat pilihan taktik Anda semakin berkembang. Sebenarnya banyak hal baru yang dapat Anda coba dalam game ini walaupun sekilas Awesomenauts tampak mudah dimainkan.
Digunakannya keyboard dan mouse sebagai perangkat PC telah mengubah beberapa hal dari game ini dalam versi PC. Versi Xbox 36 hanya support untuk bidikan ke delapan arah, sedangkan mouse membuatnya support hingga 360 derajat.
Kemampuan karakter yang beraneka ragam idealnya memang diimbangi dengan kontrol yang ada, sayangkan hal ini tak kami temui disini. Bermain dengan controller memang bisa jadi pilihan, tapi Anda akan dihadapkan pada kekurangan besar. Gerakan dan bidikan hanya terpaku pada satu stik, yang biasanya tak begitu. Masalah lainnya adalah kualitas AI yang menggantikan keluarnya human player ketika game berlangsung. Tak menentu tapi mustahil untuk dikalahkan.

Untuk mengimbangi taktik mereka yang lemah, AI tersebut tampaknya secara otomatis akan mendapatkan energi yang tampaknya mustahil kami imbanginya. Terlihat seperti taktik yang tidak adil, dan  hal ini tak pernah kami temui jika kami bermain dengan human player. Memainkan game ini sangat sederhana untuk jenis MOBA, tapi semuanya bisa berbalik memusingkan jika bermain melawan AI yang tengil.
Mengganti skema kontrol baru untuk game ini lumayan berpengaruh, tapi Ronimo masih memiliki banyak PR jika mereka ingin dapat pengakuan lewat game ini. Lumayan menawan, bikin kecanduan, dan idenya cukup orisinil intuk sebuah action RTS. Tapi kesimpulan akhirnya adalah… Awesomenauts belum cukup bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar